Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi perancangan, dan
pengembangan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi
dasar perancangan dan pengembangan tersebut. Informatika dilandasi
oleh landasan berpikir yang dinamakan berpikir komputasional
(Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan
suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras,
perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan
persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi
dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk
menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.
Bidang-bidang pengetahuan Informatika dibagi menjadi: Berpikir
Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem
Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data
(AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika
(DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB). Bidang pengetahuan inilah yang
akan dipelajari bersama di buku siswa ini. Isi materi setiap bab terdiri
atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas
yang dapat dilakukan oleh siswa. Aktivitas ini ada yang individu dan
berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer)
dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa dapat
memahami konsep dan implementasi Informatika dengan lebih baik
dan bermakna.
Buku teks Informatika kelas X telah disesuaikan dengan kebutuhan
dari siswa kelas X, yang diharapkan menjadi terampil berpikir,
berkarya, dan berteknologi, menjadi computationally literate, sebagai
anggota masyarakat dan sekaligus warga digital yang berakhlak baik di
dunia nyata maupun di dunia digital.
Akhir kata penulis berharap semoga buku siswa ini dapat
memberikan manfaat dan dapat digunakan untuk pendamping belajar
Informatika sebaik-baiknya. Saran dan kritik membangun sangat
penulis harapkan untuk perbaikan penulisan buku lebih lanjut.